Selasa, 16 Juni 2009

PROTISTA DAN PERANANNYA BAGI KEHIDUPAN

Pada awal manusia menggunakan pestisida memang keuntungannya sangat dirasakan oleh petani maupun oleh peternak.Pestisida dapat membasmi hama pada tanaman pangan maupun pada hewan ternak,sehingga produksi tanaman pangan dapat meningkat demikian juga ternak dapat tumbuh dengan baik dan produksinya juga bertambah.Tetapi,penggunaan pestisida yang tidak terkendali dapat menimbulkan efek yang kurang menguntungkan.Organisme tertentu mengalami daya resistensinya,sehingga petani dan peternak kesulitan memberantasnya.Kondisi ini diperparah dengan makin sempitnya lahan untuk pertanian dan peternakan.Oleh karena itu,bukan hal yang aneh kalau kegiatan budidaya hewan dan tumbuhan mulai berpindah ke perairan atau kaut.Para ilmuwan banyak melakukan penelitian tentang kehidupan di laut,serta memanfaatkan dan membudidayakan tumbuhan air,terutama alga. Alga banyak di manfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari sebagai protein dar karbohidrat. Namun demikian hendaknya harus hati-hati dalam pengelolaannya,mengingat alga dalam ekosistem perairan berperan sebagai penyedia oksigen dan produsen untuk kehidupan perairan. Semua kelompok alga dapat melakukan fotosintesis walaupun kandungan pigmen warnanya berbeda-beda oleh karena itu alga di bedakan menjadi Chlorophyta,Rhodophyta,Phaeophyta,dan Chrysophyta.
Selain alga, dalam perairan banyak di temukan kelompok hewan yang sangat sederhana,kelompok ini umumnya dapat berpindah tempat dengan menggunaqkan alat gerak sederhana. Alat gerak tersebut antara lain kaki semut,rambut getar dan flagel. Dari berbagai hewan laut tersebut dapat menimbulkan penyakit(disentri,kalaazar,malaria),namun juga banyak yang menguntungkan(membantu pembentukan vitamin K,membusukkan sisa organisme,dan petunjuk adanya kandungan minyak bumi).
Kelompok organisme lain umumnya bersifat saprofit,tidak dapat berfotosintesis,dan pada keadaan tertentu dapat berpindah tempat. Kelompok ini adalah jamur,sering tidak di sadari bahwa yang tampak seperti lendir yang basah,pada sisa pohon,atau seresah daun ternyata benda tersebut merupakan fase pertumbuhan jamur. Bahkan tubuh jamur juga ada yang seperti benang,mangkok,atau papan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar